Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan pada hari Kamis tanggal 9 Februari 2017 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Inseminasi Buatan di Balai Perbibitan Ternak Agrabinta, Kecamatan Agrabinta. Acara yang digagas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat/peternak dan petugas tentang pelaksanaan Inseminasi Buatan di Kabupaten Cianjur. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk sinkronisasi kegiatan Inseminasi Buatan yang selama ini sudah berjalan di Kabupaten Cianjur dengan Program Pemerintah Pusat, UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) yang sudah dicanangkan oleh Kementrian Pertanian.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur, Drh. Chaerul Anwar, MM, ini dihadiri oleh seluruh Inseminator di Kabupaten Cianjur, Kelompok Tani Ternak di wilayah Agrabinta dan sekitarnya, Para Kepala Bidang dan Kepala UPTD dilingkungan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur. Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan menyampaikan terima kasih kepada para inseminator yang sudah melaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan di Kabupaten Cianjur selama ini. Selain itu beliau juga berpesan agar seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan inseminasi buatan ini dapat meningkatkan kinerja, sehingga dapat merealisasikan target kelahiran satu pedet setiap satu tahun.

Senada dengan Kepala Dinas, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ade Dadang Kusmayadi, S.Pt,  juga mengharapkan ada peningkatan target kelahiran baik dari hasil IB maupun Kawin alam. Hal ini berkaitan  dengan target kelahiran pedet Progam UPSUS SIWAB untuk Kabupaten Cianjur sebanyak 8000 ekor, dimana 7000 ekor merupakan pedet hasil IB dan 1000 ekor hasil kawin alam.

Dengan adanya program inseminasi buatan ini, diharapkan produktivitas ternak sapi potong dan kerbau  dapat meningkat, sehingga dapat mendukung kemandirian pangan di Kabupaten Cianjur. Lebih jauh lagi semoga program ini dapat mendukung target Pemerintah Kabupaten Cianjur dalam mewujudkan Cianjur sebagai Kota Wisata Pangan Dunia.