Papajar merupakan sebuah tradisi di Kabupaten Cianjur untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini biasanya dilakukan bersama keluarga, tetangga, rekan kerja maupun teman sekolah. Kegiatan papajar ini biasanya diisi dengan berekreasi bersama sambil makan bersama ditempat wisata.

Papajar ini konon berasal dari kata mapag fajar (menyongsong fajar) hari pertama puasa. Menurut beberapa keterangan, kegiatan ini merupakan tradisi para ulama Cianjur dahulu dimana pada tiap akhir bulan Sya’ban datang ke Masjid Agung Cianjur (Kaum) untuk mengetahui kapan bulan Ramadhan dimulai. Informasi tentang awal puasa ini nantinya disampaikan kepada umat di daerahnya masing-masing. Para ulama itu bermalam dan makan bersama di Kaum sambil menunggu pengumuman awal puasa dari Imam Besar Kaum. Tampaknya dari kegiatan itulah dikenal sebutan papajar sekarang ini.

Terinspirasi dari tradisi tersebut, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Cianjur melaksanakan kegiatan papajar yang diisi dengan makan nasi liwet bersama di Aula Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan. Acara yang dilaksanakan setelah Rapat Dinas bulan Mei 2017 ini, dihadiri seluruh Pejabat, UPTD, dan Karyawan/ti di Lingkup Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur.

Menurut Sekretaris DKPP Kabupaten Cianjur, Dr. Ir. Parwinia, MMA, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan menjaga kekompakan dijajaran DKPP Kabupaten Cianjur. Lebih jauh lagi, diharapkan  dengan adanya kegiatan ini dapat memicu semangat seluruh karyawan/ti DKPP Cianjur untuk meningkatkan kinerja, sehingga Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan menjadi OPD terdepan dalam penyerapan anggaran tahun 2017 ini.bs