Kesehatan Hewan

 

PENYAMPAIAN PELAYANAN KESEHATAN HEWAN

 
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengajukan permohonan secara lisan atau tertulis kepada Kepala Dinas melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan atau Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan);
  2. Pemohon memberikan keterangan lisan/tertulis terkait nama, nomor kontak dan alamat pemohon;
  3. Pemohon memberikan keterangan lisan/tertulis terkait kasus dan jumlah hewan yang sakit;
  4. Pemohon agar membawa hewan yang sakit ke klinik hewan yang ada di Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan atau ke Puskeswan apabila pelayanan kesehatan hewan dilakukan secara pasif;
  5. Persyaratan harus dipenuhi diawal pada saat permohonan diajukan.
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Pelayanan Semi Aktif

 

 Keterangan:

  1. Menerima permohonan secara lisan atau tertulis dan memeriksa persyaratan pelayanan yang telah ditetapkan;
  2. Menolak permohonan yang tidak lengkap dan menginformasikan kepada pemohon tentang berkas yang harus dilengkapi;
  3. Berkas yang lengkap diterima dan diarsipkan;
  4. Kepala Bidang atau Kepala Puskeswan melaksanakan koordinasi internal dengan petugas pelaksana;
  5. Petugas mempersiapkan alat dan bahan;
  6. Petugas datang ke lokasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan untuk mendiagnosa;
  7. Petugas melakukan pengobatan;
  8. Petugas mencatat hasil kegiatan;
  9. Petugas melaporkan hasil kegiatan kepada Kepala Bidang atau Kepala Puskeswan.

 

Pelayanan Pasif

Keterangan:

  1. Peternak membawa hewan/ternak ke klinik hewan yang ada di Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan atau ke puskeswan;
  2. Petugas mencatat identitas hewan/ternak dan peternak;       
  3. Petugas mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk pemeriksaan hewan dan pengobatan;
  4. Petugas melaksanakan pemeriksaan, pengobatan  dan pencatatan hasil kegiatan;
  5. Petugas melaporkan hasil kegiatan kepada Kepala Bidang atau Kepala Puskeswan.
 
Jangka waktu penyelesaian
  • Pelayanan semi aktif sesuai dengan kondisi dan lokasi
  • Pelayanan pasif sesuai dengan kondisi hewan
 
Produk pelayanan
  • Pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan dan pengobatan;
  • KIE (komunikasi, informasi, edukasi).
 
Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan
  • Pengaduan, saran dan masukan secara langsung dapat disampaikan kepada petugas pengelola pengaduan pada Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan atau Puskeswan yang melakukan pelayanan;
  • Pengaduan, saran dan masukan secara tidak langsung dapat disampaikan melalui surat yang ditujukan kepada:
  1. Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, Jln. Pangeran Hidayatullah No 154 Cianjur
  1. UPTD Puskeswan yang melaksanakan pelayanan.

 

Terima Kasih.